News Ticker

9 Trik Hemat Kuota Paket Internet di HP Android

By Fatur - Minggu, 18 Desember 2016 No Comments


Pentingnya internet di zaman modern ini membuat penggunaan internet semakin hari semakin meningkat. Namun tingginya kebutuhan internet tidak diimbangi dengan harga paket datanya. Semakin besar kuota yang diberikan, semakin mahal pula harganya. Untuk itu, kita sebagai pengguna internet dituntut untuk cermat dalam menghemat data internet.

Nah pada artikel kali ini, kami akan membagikan kepada anda 9 tips menghemat kuota data paket internet di ponsel android. Oke, langsung saja simak selengkapnya berikut ini.

Cara Ampuh Menghemat Kuota Data Internet Di Hp Android

1. Kurangi aplikasi yang berjalan di background
Aplikasi yang secara diam-diam berjalan di background sering kali membuat kuota data terkuras dengan sendirinya, apalagi untuk aplikasi yang berbasis internet seperti sosial media.
Oleh sebab itu, non-aktifkan aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang tersebut. Namun ini bukan berarti anda harus mematikan seluruh aplikasi yang berjalan di background karena ada beberapa aplikasi yang sangat penting dan jangan sampai dimatikan.

2. Batasi penggunaan data dengan Data usage
Smartphone masa kini sudah dilengkapi dengan fitur data usage untuk merekam penggunaan data penggunanya. Namun ternyata fitur ini juga bisa membatasi penggunaan data anda. Caranya, aktifkan warning cellular data limit. Fitur ini akan memperingatkan anda jika penggunaan data sudah melebihi batas yang anda tentukan sendiri.

3. Aktifkan mode penghemat data pada browser
Kebanyakan browser saat ini sudah melengkapi dirinya dengan mode penghemat data. Manfaatkanlah teknologi ini untuk menghemat data anda. Memang, tampilan browser akan sedikit lebih diturunkan, namun hal ini efektif untuk mencegah pemborosan data internet anda.

4. Sortir aplikasi yang paling menguras data
Selain bisa digunakan untuk membatasi penggunaan data, Data Usage juga bisa memonitor aplikasi yang memakan paling banyak data internet anda. Disini anda bisa melakukan sortir sederhana terhadap aplikasi anda. Jika ada aplikasi yang terlalu boros, sebaiknya uninstall aplikasi tersebut dan ganti dengan yang lebih hemat.

5. Gunakan Wi-Fi
Menggunakan Wi-Fi juga bisa dijadikan solusi untuk menghemat kuota data anda. Selain hemat kuota, Wi-Fi juga dinilai memiliki kecepatan di atas rata-rata dibandingkan data seluler.

6. Non-aktifkan pembaruan otomatis
Aplikasi yang secara otomatis memperbarui dirinya juga sering kali menguras terlalu banyak kuota anda. Untuk itu, matikan pembaruan otomatis ini melalui Google Play Store.

7. Gunakan aplikasi navigasi offline
Sistem navigasi seperti Google Maps membutuhkan data internet supaya bisa dijalankan. Untuk mensiasati hal ini, anda bisa menggunakan aplikasi navigasi offline yang banyak tersedia di Google Play Store. Fitur-fitur di dalam Maps Offline juga tidak jauh berbeda dengan yang online.

8. Mainkan game offline
Game online memang menjadi tren akhir-akhir ini. Sebut saja CoC dan Pokemon Go, kedua game ini sempat booming di seluruh dunia. Namun tahukah anda jika game-game online seperti ini berpotensi menghabiskan lebih banyak kuota anda.

Oleh sebab itu, jika anda ingin menghemat kuota data, ada baiknya anda mendownload dan memainkan game offline. Banyak game offline yang tidak kalah serunya dengan game online.

9. Streaming video hanya saat terhubung dengan Wi-Fi
Ya, streaming video adalah kegiatan yang sangat menguras kuota dengan cepat. Aktivitas ini sangat tidak disarankan untuk anda yang berlangganan paket data berbatas kuota. Jika anda ingin streaming video, sebaiknya hubungkan dahulu smartphone anda dengan Wi-Fi.


Itulah 9 cara menghemat kuota paket Internet pada ponsel android. Semoga bermanfaat.

Tags:

No Comment to " 9 Trik Hemat Kuota Paket Internet di HP Android "